RSS

Manfaat Facrbook dan Twitter

10 Nov

Maanfaat Facebook dan Twitter secara Psikologis

Jejaring sosial baik facebook maupun twitter kini memang sudah menjadi gaya hidup. Jika kita tidak memiliki akun jejaring sosial pastilah kita akan dicap sebagai orang yang ketinggalan jaman(norak/kamseupay). Namun apakah kita bisa mendapatkan manfaat dari jejaring sosial yang kita punya??
Secara psikologi ada beberapa manfaat jejaring sosial baik facebook maupun twitter, diantaranya  :
1.       Facebook atau twitter bisa menjadi tempat curhat. Secara psikologi curhat itu sehat, tidak baik memendam masalah ataupun perasaan tidak nyaman. Bisa-bisa lama-lama masalah yang kita hadapi bisa masuk ke alam bawah sadar dan dampaknya buruk bagi jiwa kita.
2.       Dapat mengobati rindu dengan sang mantan. Loh kok?? Dengan adanya jejaring sosial kita bisa membuka profil mantan kita dan sejenak melepaskan kerinduan. Karena rasa rindu yang tidak tersalurkan tidak baik juga secara psikis. Contoh dalam teori psikoanalisa kita akan mengalami salah ucap(manggil-manggil mantan).

 

3.       Bisa mengasah kemampuannya berkencan dengan bermain Sims Social di Facebook. Yang memiliki masalah dengan kencan bisa berlatih juga kan??
4.       Dengan facebook atau twitter setidaknya kita tidak merasa kesepian dan terpuruk dengan kesendirian(apalagi yang habis putus cinta). Seperti kita ketahui, kesepian adalah hal yang paling dihindari. Karena kesepian dan keterpurukan serta terlalu memikirkan masalah yang kita hadapi menjadi banyak penyebab depresi, gantung diri, minum anti nyamuk, lompat dari mall, dll.
5.       Mendapat apresiasi dari orang lain. Jika status ataupun tweet (yang memiliki nilai kreatifitas;puisi,kata-kata motivasi,dll)  yang kita buat di apresiasi tentu saja menambah kepercayaan diri kita. Jika sudah begitu maka kita akan termotivasi membuat karya-karaya lain(walaupun di dunia maya). Siapa sih yang ngga ingin dipuji?? Dan pujian itu sebenarnya sehat kok(kalo kebanyakan ya ngga baik juga sih).
6.       Untuk orang yang memiliki kepercayaan diri yang buruk dalam merayu, bisa juga berlatih jejaring sosial. Karena kebanyakan teman di jejaring sosial tidak kita kenal maka akan lebih santai dalam berlatih merayu. Merayu itu penting, karena kalo tidak pintar merayu kita tidak akan laku, kalo kita tidak laku maka akan buruk bagi kesehatan emosional kita.
7.       Dapat mengusir kegalauan. Bila kita galau kita bisa chatt atau mention teman-teman kita yang sama-sama sedang galau. Itu lebih baik daripada harus meratapi kegalauan sendirian. Perasaan galau sangatlah tidak baik bagi kita secara psikologis. Bila kita sedang galau biasanya makan tidak enak, tidur tidak nyaman, lebih cepat marah,dll(pengalaman pribadi).
Nah itu lah manfaat dari jejaring sosial baik facebook maupun twitter. Tapi kalo anda sudah eksis di jejaring sosial tapi masih saja belum menemukan manfaat dan masih saja galau bagaimana??  Mungkin anda adalah tipe orang yang memiliki unsur air tinggi, yang memiliki sifat basah/melanchole(dikit-dikit nangis, dikit-dikit mikir masalah, dikit-dikit galau). Sifat melanchole antara lainmudah kecewa, daya juang kecil, muram(mukanya) dan daya juang kecil. Lalu bagaimana solusinya?? Bersabarlah, dunia memang kejam..
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 November 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: